OTAK, instrument pikir akan menghasilkan output untung - rugi, mungkin - mustahil dan benar - salah (berdasarkan ukuran-ukuran yang diciptakan manusia sendiri). Sedang HATI, instrument rasa akan menghasilkan output manfaat - mudlarat, pantas - wagu dan etis - tidak etis (bersarkan inspirasi yang diperoleh dari Sang Pencipta). Otak dan hati adalah dua perangkat yang berbeda. Ketika kita menyiapkan waktu dan ruang di hati untuk menyongsong datangnya inspirasi maka tinggalkan otak, berhentilah berpikir agar inspirasi lebih cepat masuk ke dalam relung hati.

(Pujo Priyono)

===================================================

06 Desember 2008

Menembus Awan

dulu kata 'menembus awan' hanya menderet di puisiku
kini aku benar-benar menembus awan putih bisu
dingin, aromanya membuat tulang tengkorakku beku

perjalanan menorehkan pengalaman tak terlupakan
menuju sesuatu yang selama ini hanya aku dengar dari buku
hanya dari cerita amin rais dan para cecunguk itu
menggunjingkan sesuatu yang mereka belum tentu pernah injak tanahnya

hijau tanah papua kulihat dari jendela kaca
ada angin, terasa dingin, mendekatkanku pada ingin

ya Tuhan....
betapa kerdilnya aku...

aku menenbus sebagian kecil awan-Mu

Tembagapura, 2008

2 komentar:

  1. wah lagi naik pesawat trus dapat inspirasi ya?
    inpirasi mang datang tak dinyana-nyana....
    -dasarotak-

    BalasHapus
  2. bukan naek pesawat...
    tapi aku tulis saat perjalanan menuju camp karyawan freeport...
    tanah papua memang indah

    BalasHapus