OTAK, instrument pikir akan menghasilkan output untung - rugi, mungkin - mustahil dan benar - salah (berdasarkan ukuran-ukuran yang diciptakan manusia sendiri). Sedang HATI, instrument rasa akan menghasilkan output manfaat - mudlarat, pantas - wagu dan etis - tidak etis (bersarkan inspirasi yang diperoleh dari Sang Pencipta). Otak dan hati adalah dua perangkat yang berbeda. Ketika kita menyiapkan waktu dan ruang di hati untuk menyongsong datangnya inspirasi maka tinggalkan otak, berhentilah berpikir agar inspirasi lebih cepat masuk ke dalam relung hati.

(Pujo Priyono)

===================================================

07 Februari 2009

Aku Tak Mampu Lagi Bernyanyi

Aku tak mampu lagi bernyanyi
Aku kelimpungan untuk menentukan nada
Bahkan untuk nada pertama
Bahkan untuk genre musik itu
Aku tak mampu lagi bernyanyi
Aku tergulung dalam kepenatan suasana
Dalam kehampaan peristiwa
Dalam kenisbian makna

Aku tak mampu lagi bernyanyi
Tak ada yang mampu menyumbangkan kata
Tak seperti dulu,
Seperti ketika masih ada cahaya
Meskipun silau
Dan dari silau itu terukir ucap, kata dan rangkaian makna
Peristiwa yang bukan lakon,
Lebih pada rasa

Aku tak mampu lagi bernyanyi
Gitar yang bernama cinta itu retak
Suaranya tak lagi merdu
Bunyinya menjadi gamang
dan semakin gamang dalam rinduan

bagiku tak ada lagi lagu yang pantas untuk kita nyanyikan
atao aku nyanyikan sendiri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar